Kamis, 31 Oktober 2013

Ikan Mas Koki..

SEJARAH

Badan bulat dengan gaya berenang yang lucu merupakan daya tarik tersendiri bagi ikan mas koki. Para peng-hobi ikan hias pasti tidak asing lagi dengan ikan “imut” yang berwarna-warni ini. Ikan mas koki merupakan ikan yang lebih dahulu tenar daripada beberapa jenis ikan lain. Diyakini ikan ini sudah menjadi trend sejak 1000 tahun yang lalu. Sebenarnya bermacam-macam jenis ikan mas koki yang ada sekarang ini merupakan kawin silang dari beberapa jenis ikan mas koki. Di cina dan jepang ikan ini dipercaya membawa hoki bagi pemiliknya.

 

Jenis Ikan Mas Koki

RIBBONTAIL GOLDFISH (ryukin)

merupakan jenis ikan mas koki yang habitat aslinya berasal  dari Cina.Dikenal dengan nama " Ryukin Goldfish", ikan ini memiliki  ciri ekor panjang yang menarik dengan tulang punggung membungkuk dari belakang.Jenis ini sering diikutkan dalam kontes ikan mas koki.


 ORANDA GOLDFISH

salah satu jenis yang paling populer dari ikan mas koki yaitu jenis Oranda Goldfish. Jenis ini diyakini berasal dari Cina dan Jepang. Dengan topi merah yang ada di kepala dan 4 ekor berumbai yang panjang ikan ini banyak dicari oleh penghobi ikan hias.

 

RIBBON TAIL GOLDFISH

bentuk ekor menyilang dan badan yang agak memanjang merupakan ciri dari ikan ini. Habitat asli ikan ini berasal dari Cina sedang di Indonesia sendiri ikan mas koki jenis jarang sekali di jumpai. Ribbon tail Goldfish juga memiliki nama lain Rokuri Goldfish


RANCHU GOLDFISH

mempunyai bentuk seperti Lion Head Goldfish, ikan ini merupakan perkawinan silang dari Lion Head Goldfish dan ikan koki jenis lain. Ikan ini sering dijumpai di indonesia dan memiliki bermacam-macam warna antara lain kuning , merah-putih, hitam, orange.



JEWEL GOLDFISH (mutiara tikus)

merupakan ikan yang banyak dicari para penghobi ikan hias. Dengan bintik-bintik putih yang menonjol menyerupai mutiara  di seluruh bagian tubuhnya, terasa kasar bila diraba.

 

  CELESTIAL GOLDFISH (telescope)

mempunyai bentuk mata yang aneh, besar dan menghadap keatas, itulah ikan mas koki Celestial Eye. Jenis ini cenderung mempunyai badan yang lebih kecil dari pada mas koki jenis yang lain.


 

LION HEAD GOLDFISH

sekilas hampir sama dengan jenis Ranchu Goldfish.ekor pendek tanpa sirip bagian atas serta punggung yang melengkung.






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar